Game bertipe Battle Arena adalah genre dari video game strategi, setiap pemain mengontrol satu ”hero” pada salah satu tim dimana tugasnya adalah untuk menghancurkan tower dan struktur bangunan lawan. Battle Arena menyediakan suasana kompetitif yang kuat sehingga
memberikan pengalaman yang berbeda tiap penggunanya. Metode yang di gunakan yakni ada 2 yaitu PSO dan FSM yang dimana Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) adalah suatu algoritma yang dapat dipakai untuk menentukan perilaku suatu NPC secara berkelompok. Nantinya setiap NPC akan merubah sampai ke dalam posisi yang memungkinkan ketika menyerang tower, player atau NPC musuh. Sedangkan Finite State Machines (FSM) adalah sebuah metode yang terdiri dari serangkaian State yang dapat menentukan pengambilan keputusan. NPC dapat melakukan aksi jika mendapatkan input dalam hal ini jika bertemu dengan player. Hasil dalam penelitian dan perancangan game ini, dirancang menggunakan penerapan logika fuzzy sugeno untuk mengatur perilaku musuh pada
game (permainan) bertipe Battle Arena yang berjudul "Battle Arena: Heroes And Myth Of Indonesia".

Feature List:
  • Algoritma PSO (Particle Swarm Optimization)
  • Algoritma Fuzzy Sugeno
  • Metode FSM (Finite State Machines)
  • Waterfall Model
  • NPC

Instruction:
  • Untuk memulai permainana anda bisa langsuk klik tombol "Mainkan", untuk melihat score tertinggi atau score yang telah anda mainkan anda bisa mengeklik tombol "Score", dan untuk tombol "Keluar" adalah tombol untuk keluar dari permainan.

  • Setelah masuk dalam pertarungan (Arena) ada beberapa tombol untuk menggerakan karakter yaitu tombol atas untuk loncat, tombol kanan dan kiri untuk maju dan mundur, sedangkan untuk menyerang adalah tombol z dan untuk kombo bisa langsung ditekan pada tombol x dan c, untuk urutannya kombonya adalah z -> x -> c dan jika urutannya benar maka kombo akan terjadi dan dmg akan lebih sakit bahkan bisa meratakan 4 musuh jika kombonya benar.

  • Untuk cara bermainnya sama seperti memainkan game MOBA pada dasarnya karakter bisa menunggu NPC untuk menyerang musuh atau tower terlebih dahulu dan kita juga bisa sebagai support atau attacker dan juga jika darah kita sekarat kita bisa kembali ke base awal kita mulai untuk pemulihan darah.

  • Dan jika tower lawan hancur maka akan ada kemungkinan besar peluang untuk menghancurkan base lawan dengan cepat dan jika base lawan hancur maka akan ada pertanda "You've win" untuk ending kemenangan dan "Game Over" untuk ending sebaliknya. 

Screenshots:

No comments